5 Kebudayaan Indonesia yang di Ambil Oleh Negara Lain

5 Kebudayaan Indonesia yang di Ambil Oleh Negara Lain – Negara Indonesia memang terkenal dengan kebudayaannya yang sangat beragam dan unik. Berbagai jenis kebudayaan yang ada dari Sabang hingga Merauke ini sayangnya pernah diklaim atau diambil hak kepemilikan nya oleh negara lain.

4

Wayang Kulit

Seperti yang sudah banyak diketahui, wayang kulit memiliki nilai sejarah dan unsur mistik yang sangat tinggi dari bangsa Indonesia. Namun, media kebudayaan yang digunakan untuk menceritakan kisah zaman prasejarah tanah air ini justru diklaim sebagai kebudayaan Malaysia.

Batik

Batik merupakan kebudayaan yang saat ini sudah dikukuhkan atau diakui UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Salah satu motif batik sempat diklaim juga oleh negara tetangga, Malaysia. Namun, Malaysia kalah dan akhirnya mengakui bahwa motif batik merupakan milik Indonesia.

Reog Ponorogo

Kesenian yang berasal dari wilayah Jawa Timur ini pernah diklaim milik Malaysia. Hingga ucapan maaf harus dilontarkan oleh Duta Besar Malaysia di Indonesia atas kejadian memalukan ini.

Lagu daerah-Rasa Sayange

Lagu yang berasal dari salah satu daerah di tanah air ini juga turut menjadi kebudayaan yang diklaim sebagai milik Malaysia. Atas kejadian ini Rais Yatim (Menteri Kebudayaan, Kesenian dan Warisan Malaysia) menemui Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia Jero Wacik untuk meminta maaf.

Tari Pendet

Tari Pendet yang sempat ditayangkan pada video iklan pariwisata Malaysia buatan Singapura sempat menyulut amarah warga Indonesia. Namun, menurut penjelasan kedua belah pihak menyatakan bahwa itu merupakan unsur kesalahan dan tidak bermaksud mengklaim.

Baca Juga : Makanan Aneh Asal Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kegiatan Indonesia © 2017 Frontier Theme